Pertamina Menunggu Keputusan TPA

Pertamina Menunggu Keputusan TPA

Konon kabarnya, menurut berita Kompas.com, empat nama calon pengganti Karen Agustiawan sudah berada di tangan Tim Penilai Akhir (TPA).

Dari sisi governance, kata putus pemilihan direksi sebuah BUMN berada di tangan TPA tidak masalah sepanjang proses awal menjelang nama-nama yang sampai ke tangan TPA sudah disaring melalui fit and proper test yang ketat dan profesional. Akan tetapi, terpilihnya Dirut Pertamina melalui fit and proper test tersebut akan bernilai rendah apabila current sistem pemilihan dewan komisaris masih tetap dipertahankan, yakni dewan komisari juga dipilih dan diberhentikan oleh TPA juga.

Pemilihan dewan komisaris BUMN melalui TPA menyederai nilai ‘kontrol’ yang merupakan ciri utama governance. Kontrol terhadap direksi oleh komisaris di BUMN menjadi sangat lemah karena dewan komisaris tidak bebas melakukan kontrol karena nasibya ada di tangan Pemerintah melalui TPA.

Oleh karena itu, i-reformbumn mengusulkan reformasi sistem pengangkatan dan pemberhentian dewan komisaris agar fungsi kontrol bisa berjalan efektif.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s