Hasil Riset i-reformbumn: hanya 2 BUMN yang transparan

Riset i-reformbumn tentang ‘Implementasi transparansi BUMN (Studi berbasis website)’ menemukan fakta:

1. Sebagian besar BUMN tidak transparan 

Hanya 2 dari 141 BUMN (1%) yang meng-upload semua informasi wajib pada masing-masing websitenya. Dari perspektif hak publik untuk mendapatkan akses informasi terhadap BUMN dengan cepat, tepat dan sederhana, fakta ini menunjukkan  bahwa sebagian besar BUMN (99%) adalah perusahaan-perusahaan pelat merah yang tidak transparan.

2. BUMN tertutup dan terbuka bukan penentu transparansi

Hasil studi yang mengungkapkan bahwa 2 BUMN yang transparan adalah BUMN tertutup (seluruh sahamnya dimiliki oleh negara) dan BUMN terbuka (sebagian sahamnya sudah dilepas kepada publik), memberikan gambaran bahwa jenis BUMN (terbuka atau tertutup) bukanlah menjadi faktor penentu transparan atau tidaknya sebuah BUMN. Sebagaimana diketahui, dari 141 BUMN, 15 BUMN merupakan BUMN yang sudah melantai (go public) di pasar modal dan faktanya hanya 1 diantaranya yang transparan. Sebagaimana yang sudah disebutkan di atas, dua BUMN yang terkategori transparan adalah PT Pertamina (Persero) dan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk.

3. Sebagian besar BUMN tidak transparan dalam hal informasi sensitif

Studi ini menemukan bahwa sebagian besar BUMN tidak transparan dalam 6 hal, yakni: (1) Laporan tahunan; (2) laporan keuangan, neraca, laporan laba rugi; (3) Laporan tanggung jawab sosial perusahaan yang telah diaudit; (4) Laporan hasil audit yang dikeluarkan oleh auditor eksternal; (5) Sistem dan alokasi dana remunerasi anggota dewan komisaris/dewan pengawas dan direksi; (6) mekanisme pengadaan barang dan jasa.

4. Sebagian besar BUMN transparan dalam hal informasi administratif

Sebagian besar BUMN (diatas 61%) transparan dalam dua hal, yakni: (1) informasi tentang nama lengkap pemegang saham, dimana 63.1% BUMN membuka informasi ini kepada publik; (2) informasi tentang kegiatan penugasan pemerintah dan/atau kewajiban pelayanan umu atau subsidi, dimana 53.3% BUMN memberitahukan soal ini kepada publik.

Laporan lengkap hasil studi dapat di downloaded di link di bawah ini:

https://ireformbumn.wordpress.com/hasil-riset-2013/

Advertisements

One thought on “Hasil Riset i-reformbumn: hanya 2 BUMN yang transparan

  1. Pingback: Hasil Riset i-reformbumn | m kamal's minutes

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s